Delapan Rumah Layak Huni di Desa Oelunggu Mulai Dibangun

oleh -78 views
, Metro Timor

Editor: Agustinus Bobe,

BA’A, METROTIMOR.ID–Bupati Rote Ndao Paulina Haning –Bullu,SE, Rabu (9/6/2021) secara simbolis meletakan batu pertama pada Pembangunan Rumah Layak Huni (RLH)  di rumah  Alfonsus Susak  warga RT/006/RW/002/ Dusun Lekik 2, secara simbolis  untuk segera  membangun 8  rumah layak Huni (RLH) di desa Oelunggu, kecamatan Lobalaian, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

, Metro Timor

Bupati Paulina didampingi kepala bagian Umum Humas dan Protokol Setda Kabupaten Rote Ndao, handryas Bessie dan Kepala Rumah Tangga  (Karungga),Ronal Rihi, dihadiri Camat Lobalain Yusrin Zacharias, Kepala Desa Oelunggu dan perwakilan 8 orang penerima RLH tahun 2021 yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Bupati Paulina mengatakan, RLH  program yang dilaksanakan sejak awal kepemimpinannya pada tahun 2019 lalu hingga kini, mengalami penurunan alokasi sejak tahun 2020 ketika Covid-19 melanda Indonesia karena pemerintah menerapkan kebijakan refocusing anggaran untuk menangani bencana non alam tersebut. Masih sama di tahun 2021 ini terjadi penurunan jumlah RLH yang dibangun karena pandemi Covid-19 belum berakhir ditambah lagi dampak bencana alam badai Seroja.

Baca Juga:  Satgas TMMD Dan Warga Gunakan Waktu Luang Dengan Berolahraga Bersama

, Metro Timor

Tahun 2021 Desa Oelunggu hanya 8 RLH, kedepan diharapkan lebih banyak lagi, tahun 2021 dananya per RLH sebesar Rp. 44 Juta dan kedepan diharapkan lebih besar lagi dengan tujuan agar warga yang tidak mampu bisa memiliki rumah layak huni.

Oleh karena itu, Bupati Paulina berharap agar dinas PMD mengkaji aturan tersebut.

“Banyak warga yang menolak tidak menerima RLH karena tidak ada uang untuk pembangunan lanjutan, sehingga perlu diidentifikasi harus ada pengecualian warga yang tidak mampu, untuk seluruh Rote Ndao jumlahnya mencapai 5 ribu warga,” sebut Paulina

Baca Juga:  Wabup Belu Ikuti Rakornas Wasin 2021 Secara Virtual, Ini Pesan Jokowi

Ia juga berharap Kepala Desa Oelunggu dan jajaran harus selalu mempedomani regulasi dan petunjuk teknis dalam pengelolaan Dana Desa serta dana-dana lainnya, sehingga tidak berdampak hukum.

Selain itu, Bupati juga berkesempatan memberikan bantuan langsung kepada 7 orang ibu hamil resiko tinggi yang ada di desa Oelunggu dan 13  anak balita stunting, serta bantuan bagi 5 Lansia.

Kepala Desa Oelunggu John Baidenggan, kepada media ini mengatakan 8  unit RLH masing-masing berukuran 5×7 meter dengan menggunakan dana desa, total dana dari delapan bangunan rumah sebanyak Rp 344.300.000 (masing-masing Rp 43.037.500), serta HOK sebesar Rp 115.920.000.

Baca Juga:  DPD Golkar, Bagi APD Covid-19 untuk Paramedis RSUD Ba’a

Salah seorang penerima manfaat RLH asal Dusun 2 Desa Oelunggu  Alfonsus Susak menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Desa Oelunggu  beserta BPD, Pemerintah Kecamatan Lobalain, dan Pemkab Rote Ndao atas bantuan rumah tersebut.

Nampak hadir,Ketua PKK  Kecamatan Lobalain, Dorkas Nofriani Ndoloe, S.Kes, para tenaga Ahli dan Pendamping Desa, perangkat Desa Oelunggu dan Undangan lainya.(MTID01)