TNI – Polri Penjaga Perbatasan, Berikan Bimbingan Belajar Kepada Anak-Anak Pantai

oleh -117 views
, Metro Timor

OESELI,METROTIMOR.ID–Bertempat di Pos Satgas Pam Pulau Terluar di Dusun Leteduluk, Desa OESELI, Kecamatan Rote Barat Daya, para penjaga perbatasan laut dari Marinir TNI AL dan Bhabinkamtibmas Desa OESELI Polsek Rote Barat Daya memberikan Bimbingan Belajar rutin kepada anak-anak yang berada di pesisir pantai, diantaranya sebanyak 28 anak-anak tentang Wawasan Kebangsaan dan Belanegara, membaca, menulis serta berhitung, Rabu (21/10/2020).

Brigpol Marsel B. W. Henuk yang sehari-harinya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas yang sekaligus bertugas di perbatasan langsung dengan Ujung Pulau Rote Ndao – Australia, memiliki tujuan mulia dengan membantu dan membimbing belajar kepada anak-anak di pesisir yang putus sekolah.

Hal ini dilakukannya karena dirinya melihat anak-anak di pesisir yang tidak bersekolah dengan berbagai alasan seperti halnya karena keterbatasan ekonomi. Inilah membuat dirinya tergerak untuk membantu dan membimbing anak-anak tersebut.

Baca Juga:  Reka Ulang Pembunuhan Yusuf Ledo Warga Nusakdale, Para Tersangka Peragakan 32 Adegan

Dikatakanya, membantu orang lain itu banyak caranya selain dalam hal materi masih ada cara lainnya seperti salah satunya adalah menyumbangkan ilmu.

“Saya lihat banyak-anak yang setiap harinya hanya bermain dan membantu orang tua mereka mencari ikan, saat saya tanya apakah mereka sekolah, banyak dari mereka yang bilang tidak sekolah, ini membuat saya iba dan menggerakkan hati saya untuk membantu,” ujar Brigpol Marsel.

Ditambahkannya, di saat pandemi ini banyak juga anak-anak yang sekolahnya terganggu dan tidak fokus dengan belajar, oleh karena itu dengan adanya bimbingan belajar ini diharapkan semua anak-anak baik yang putus sekolah dan yang tak bersekolah dapat terus belajar dan mengejar cita-cita mereka.

Baca Juga:  Sidang Paripurna III, Penyampaian Pandangan Umim Fraksi-Fraksi DPRD Belu

Materi yang diberikan antara lain tentang nilai-nilai dan pemahaman lima sila yang terdapat pada Pancasila yang dilambangkan dengan Burung Garuda, bela negara serta cinta tanah air. Selain itu materi pelajaran sekolah pun disampaikan saat bimbingan belajar ini.

Tak hanya sendiri, Brigpol Marsel juga menggandeng personel Marinir TNI AL yang bertugas sebagai pengamanan Pulau Terluar sebagai tenaga pembimbing dan pengajar.

Diantarannya Paspotmar Lanal P. Rote Lettu Laut Wahyudi dan Danpos Satgas Pamputer Serka Marinir I Kadek Sumayasa.

Baca Juga:  Polsek RBD, Beri Pemahaman Hukum dampak Tambang Ilegal bagi Warga Oeseli

Di tempat terpisah, Kapolsek Rote Barat Daya Ipda Jacob S. Bessie mengapresiasi kinerja salah satu anggotanya tersebut.

Dikatakannya, dalam bertugas sinergitas TNI – Polri itu sangat dibutuhkan dan diperlukan dalam menjalankan tugas negara. Dengan saling berkoordinasi dan bahu membahu maka perkerjaan akan terasa lebih ringan, apalagi sinergitas tersebut untuk tujuan yang mulia.

“Saya sangat apresiasi langkah Brigpol Marsel, dirinya telah menunjukkan dedikasi dan pengabdian yang luar biasa, saya harapkan ini dapat menjadi contoh bagi personel yang lain dalam menjalankan tugas, tidak perlu besar namun yang kecil dan bermanfaat itu lebih penting,” ujar Kapolsek.

sumber : tribratanewspolresrotendao