Kunjungi PT. KCBS, Gubernur NTT Minta Perkuat Ekonomi Lewat Sektor Perikanan

42
Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat saat menggunting pita sebagai tanda akan diekspornya Tuna Sasimi ke Jepang oleh PT. KCBS Maumere, Minggu,(26/07/2020)

MAUMERE,METROTIMOR.ID- Gubernur Nusa  Tenggara Timur Viktor B. Laiskodat beserta rombongan melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sikka.

Dalam kunjungannya, Gubernur NTT berkesempatan mengunjungi salah satu perusahaan perikanan yakni PT. Karya Cipta Buana Sentosa (KCBS) Maumere.
Pantauan Metrotimor.id, Minggu,(26/07/2020), Gubernur Viktor menyampaikan bahwa dalam situasi sulit dimana dunia mengalami masalah Pandemi Covid-19 dan kita juga tahu bahwa Indonesia juga mengalami dampak buruk daripada krisis ini, tapi kita harus bersyukur dan terus bersemangat bahwa di Nusa Tenggara Timur,khususnya pengusaha yang berinvestasi di NTT terus mengerjakan tugasnya, ungkap Laiskodat.

“Dan hari ini kita lihat bahwa mereka melakukan ekspor sasimi ke Jepang yang sebelumnya juga mereka mengekspor ke Korsel dan ini peluang besar sekali. Masalahnya satu ada pada Kapal Tangkap,sumber dayanya (nelayan), kedua,kita punya pelatihan di pabrik,sehingga punya sumber daya manusia yang cukup,ungkapnya.

Lebih lanjut Laiskodat menambahkan ini kalau kita siapkan dengan baik harusnya kegiatan ikan,khususnya pengolahan ikan di NTT menjadi paten. Dan saya yakin pemerintah provinsi NTT dan saya juga akan bicara kepada Menteri dan Presiden untuk kita memperkuat basis ini untuk menjadi kekuatan ekonimi Nusa Tenggara Timur,terang Gubernur Viktor.
Bentuk dukungan yang akan dilakukan, lanjut Viktor adalah desain anggaran,desain marketnya. Market yang ada harus ditambah. Nanti kita akan berkoordinasi dengan teman-teman di Jepang agar market-market di Jepang untuk kita masuk, kalau kita punya sumber daya yang baik, ucap Gubernur.

“Yang punya kita hari ini, mereka yang sedang bekerja sebenarnya merupakan modal terbesar pada bagaimana untuk mereka mampu mengerjakan ini dengan baik. Modal terbesar kedua adalah bagaimana menangkap dengan baik. Kalau kita siapkan alat tangkap yang cukup sehingga pada saatnya nanti kita siap untuk industri yang cukup besar agar mampu melakukan ekspor yang lebih besar lagi,ungkapnya.

Baca Juga:  Kurangi Jumlah Angka Stunting Di Sikka, Julia Laiskodat Bantu 250 Paket PMT

Terkait dengan jalur transportasi untuk ekspor, Gubernur NTT Viktor Laiskodat juga mengharapkan bahwa nanti mulai bulan juni tahun depan kita sudah bisa langsung keluar dari Nusa Tenggara Timur kemanapun, ucapnya.

Pantauan Metrotimor.id, dalam kunjungan tersebut Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat juga melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diekspornya Tuna Sasimi dari Maumere oleh PT.KCBS yang akan diekspor ke Jepang. (Frans Dhena)

Center Align Buttons in Bootstrap