200 Peserta Didik SMAN 1 Soe Ikuti Asesmen Bakat Minat (ABM)

oleh -1140 Dilihat

 

SoE,METROTIMOR.ID– Sebanyak 200 peserta didik dari SMA Negeri 1 Soe telah mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) selama dua hari, yakni pada Senin dan Selasa, tanggal 6-7 November 2023. Kegiatan berlangsung di ruang Laboratorium komputer sekolah setempat.

Penanggung jawab ABM, Adrianus Amsikan, menjelaskan bahwa Asesmen Bakat Minat ini bertujuan untuk mengukur potensi peserta didik dalam tujuh aspek kemampuan, yaitu verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, penggunaan bahasa, mekanik, klasikal, serta minat terhadap kegiatan atau bidang pekerjaan tertentu. Asesmen ini juga dapat membantu peserta didik mengenali potensi dan minat diri mereka sebagai alat refleksi, memungkinkan mereka untuk mengarahkan tujuan cita-cita mereka pada program studi atau bidang pekerjaan tertentu.

READ  YPKM KaSoGi Bantu Masyarakat Temas Kabupaten Rote Ndao Dengan Satu Unit Sumur Bor

Adrianus Amsikan menambahkan bahwa pada hari pertama, ada kendala sistem yang berasal dari pusat, sehingga sesi pertama dan kedua pada hari Senin ditunda dan baru dilaksanakan pada hari Kamis, 9 November 2023. Namun, hari kedua berjalan lancar dan sukses terlaksana.

Kepala sekolah, Rovis Selan, M.Pd., menyatakan bahwa Asesmen terbagi menjadi dua bagian, yaitu Asesmen Bakat dan Asesmen Minat. Asesmen Bakat terdiri dari 160 soal, sedangkan Asesmen Minat terdiri dari 180 soal. Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta didik kelas XII.

READ  BMP Flores Timur Terpaut 1 Gol dari Persetim di Babak Pertama Piala ETMC 32 Rote Ndao

Tim teknisi ABM, yang terdiri dari Yurid, Imegard, dan Yanto, menjelaskan bahwa mereka telah melakukan persiapan komputer dan jaringan internet dua hari sebelum kegiatan, sehingga Asesmen dapat berjalan dengan baik. Meskipun ada kendala teknis dari pusat pada hari pertama, mereka berhasil mengatasi masalah tersebut dan melaksanakan Asesmen susulan pada hari Kamis.

READ  Ini pesan Bupati Paulina ketika hadiri Reuni Akbar di SD Inpres Sanggoen

Semua pihak berharap bahwa hasil dari Asesmen Bakat Minat ini akan membantu peserta didik dalam menentukan jalur pendidikan dan karir yang sesuai dengan potensi dan minat mereka. (Albert Baunsele)

No More Posts Available.

No more pages to load.